Selasa, 06 Maret 2012

Relativitas Dalam Kehidupan


Inget teori relativitas Einstein?

Kalo kata mbah Einstein, yang sebenernya bukan mbah gw, gerak itu sifatnya relatif. Sebagai contoh ni, kalo kita naik kereta. Orang yang ada diluar kereta ngeliat kita yang naik kereta jalan bareng sama keretanya. Tapi kalo menurut kita yang naik, kereta itu nggak bergerak, tapi orang-orang yang ada diluar yang bergerak menjauh dari kita.

Atau bandingin dengan misalnya kereta bergerak dengan kecepatan 8 km per jam. Terus kita yang ada di dalem gerbong bergerak ke arah berlawanan dari arah kereta dengan kecepatan 8 km juga (mungkin kita harus lari di dalem gerbong). Kita mungkin ngerasa kalo kita lagi bergerak, yaitu ke lari ke belakang gerbong. Tapi mungkin menurut orang yang ngeliat kita dari luar, kita nggak bergerak sama sekali, karena memang kalo diliat dari koordinat bumi, posisi kita tetep.


Atau mungkin lo bakalan disangka copet kereta, terus digebukin

Setelah gw pikir-pikir, sifat relativitas ini juga ada di manusia. Mood seseorang tergantung kondisi. Kalo panas, pengennya marah. Kalo dingin, pengennya ambil selimut, terus tidur.

Makanan favorit gw, berubah-ubah ngikutin umur. Waktu bayi, nyokap gw bilang gw gak pernah mau sama yang namanya ASI. Kalo dikasih ASI, gw muntah. Gw cuma mau minum susu kaleng. Gw jadi curiga, jangan-jangan gw sebenernya sapi uji coba Amerika yang dikasih serum percobaan yang bisa ngubah hewan jadi manusia, buat jadi tentara buatan untuk gantiin GI di Irak. Tapi sayangnya gw lolos dan kabur ke Indonesia.

Waktu TK, gw paling benci sama yang namanya nasi. Kalo gw dikasih nasi, langsung jerit-jerit gak jelas. Jadi waktu itu gw makan bubur, sampe SD. “Apapun lauknya, asal jangan sama nasi”.

Sekarang, makanan gw harus sesuai dengan dompet yang relatif tipis. Gw relatif alergi sama makanan “mahal”.

Manusia memang makhluk yang relatif

Cita-cita manusia bahkan juga relatif. Waktu kecil, gw pengen jadi pembalap. Waktu TK, gw pengen jadi pilot. Waktu SD, gw pengen jadi dokter. Masuk SMP, gw pengen jadi arsitek. Cita-cita jadi arsitek ini gw pertahanin sampe mau lulus SMA. Disini gw mulai bimbang lagi, dan akhirnya gw masuk Tekim.

Yah, paling enggak gw masih bisa main ke jurusan arsitek sekali-kali. Sambil cuci mata

Sekarang, cita-cita paling deket gw si bisa cepet-cepet lulus, dengan nilai yang memuaskan. Amin..

Tapi yang gw nggak abis pikir, kenapa gw gak pernah kepikiran punya cita-cita jadi orang kaya ya??


“Kekayaan adalah efek samping dari kesuksesan” - super sekali..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;