Selasa, 19 Maret 2013

Lawu... (1)

Jum’at, 15 maret 2013

Jalur menuju base camp Lawu udah kita tentuin. Pertama, naik kereta Pramex (Prambanan Express) dari stasiun tugu, Jogja ke stasiun Balapan, Solo. Dari solo, kita naik bis sampe ke terminal tawangmangu. Dari terminal tawangmangu, kita naik angkot sampe ke Base camp. Oke, rencana siap

Kita berangkat dari Sekretariat PALASUGA (read: kosan Agung) sekitar jam 6.30 sore. Padahal kita rencananya bakal naik kereta jam 7, soalnya itu jadwal Pramex terakhir. Hasilnya, naek motor udah kayak dikejer polisi mau ditilang.

Rejeki memang nggak bakal kemana2. Abis beli tiket, kita langsung nyari spot buat selonjoran. Maklum, isi tas udah kayak batu semua. Apa lagi isi carrier, udah kayak lemari yang isinya batu kali yang diamplas terus di cat merah. (iya, memang nggak nyambung. Gw tau…)

Kita nyampe di stasiun Balapan solo sekitar jam 9. Setelah nyari angkringan dan ngisi perut, kita langsung ke terminal. Ya, hotel bintang 5 tempat kita nginep malem itu adalah mushala terminal…
Di kamar (read: selasar mushala) kita bongkar lagi tu carrier, kita susun ulang, bagi2 batu ke daypack, terus molor.

Sekitar jam 5, setelah bersusah payah melek dan sholat subuh, kita langsung naek bis yg jurusan tawangmangu. Perjalanan sekitar 2 jam. Dan gw, seperti biasa, mengisi waktu luang dengan bermimpi…

Sampe di tawangmangu, gw langsung bongkar tas, cari jaket. Kalo dari cerita kenek bis, sekarang ini lagi sering ujan di daerah Lawu. Gw langsung ngambil sarung tangan…

Naek minibus sekitas 20 menit, kita sampe di basecamp Cemoro Sewu. Sebenernya jalur pendakian Lawu ada 2, lewat Cemoro Sewu sama Cemoro Kandang. Jarak 2 pos ini juga g terlalu jauh. Cuma 10-15 menit jalan kaki.

lemari yang isinya batu...

Tapi kita pilih jalur Cemoro Sewu untuk naek karena jalur ini udah dibuat tangga batu di sebagian besar jalurnya. Selain itu, ini jalur paling rame.

Untuk jalur turun, kita pilih jalur Cemoro Kandang, karena bakal lebih gampang turun lewat jalan tanah yg nggak bertangga, bisa sambil lari. Apalagi kita bawa kulkas berbentuk tas yang isinya batu kali yang dipahat terus di cat warna kuning (<--- nggak konsisten!)

Setelah menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan selama 2 jam (sebenernya si sambil makan), kita langsung siap2 buat naek.

Ijin naek double track udah ditangan, berdo’a, yel2 (yg nggak jelas) dan kita berangkat

Teletubbies yang mau pulang...

(Double track: jalur naik & turun berbeda. <-- udah kayak sholat Id aja)