Selasa, 13 November 2012

Merbabu (Part 1)


Sabtu, 10-11-12

Kita ber 6 berangkat dari kos temen gw jam 5 sore. Sampe di base camp Merbabu di daerah Selo sekitar jam 7. Di sini selain nitip motor, kita juga sholat isya’ , makan malem (mi rebus 3 buat direbutin 6 orang), sekaligus packing terakhir sebelum naek.

Dua carrier, 4 daypack, semua siap. Malem itu ternyata lagi banyak orang yang juga mau naek. Kalo nggak salah ada sekitar 5-6 kelompok. Beberapa ada yang kelompok gede, sekitar 15 orang lebih. Maklum, akhir pekan.

  
Instruktur senam juga ikut

Sekitar jam 9 malem kita siap. Base camp udah agak sepi, karena beberapa kelompok gede udah pada berangkat. Setelah berdoa buat kelancaran dan keselamatan di jalan (ni penting!), kita mulai jalan nembus kabut sama gelapnya malem,

berbekal senter ditangan.

Tujuan gw: puncak merbabu, sama foto edelweiss pesenan orang :D

Setelah sekitar 1 jam jalan, kita akhirnya nyampe di pos 1. Waktu nyampe sini, pikiran gw cuma 1: “mana puncaknya, mana???” tapi gw sadar, ini ¼ jalan aja belom -____-“

Setelah minum dengan ganas, 5 menit kemudian kita ngelanjutin perjalanan.

Semakin ke atas, jalan makin licin, makin miring. Saat itu juga, kalo ada ojek, gw bakal naek ojek…

Sekitar 1 jam kemudian kita nyampe di pos 2. Gw minum dengan ganas lagi..

Disini kita ketemu orang yg lagi keram. Mungkin karena baru pertama kali atau kurang persiapan sebelum naek.

Gw cuma mikir, untung gw nggak keram..

Beberapa orang yg lagi istirahat langsung ngebantuin tanpa diminta. Kita juga nawarin balsem kalo2 perlu.

Ini yang gw salutin. Ada semacem peraturan nggak tertulis di gunung: sesama pendaki harus saling bantu, saling jaga, saling sapa. Keren!


TANJAKAN “BABI”

Jalur berikutnya semakin nggak berperikemanusiaan. Tanjakan tinggi curam udah ada di depan. Dari belakang, si Fiki bilang, “nyantai aja, ini agak curam. Tanjakan babi. Semangat, di atas udah Sabana 1 tu”

Hah? Babi? Kenapa babi? Kenapa nggak sapi? Atau kambing?

Setelah bersusah payah (banget), akhirnya kita nyampe di Sabana 1. Gw minum dengan ganas. Lebih ganas dari sebelumnya..

“kalian pada tau nggak kenapa dinamain tanjakan ‘babi’?” kata si Doni. “soalnya waktu tracking di jalur itu, orang2 pada bilang, ‘babi, curam banget!’ ‘babi, tinggi banget!’ ‘babi, nggak nyampe2!’”
-_______-“


SABANA 1

Kita nyampe di Sabana 1 sekitar jam 12. Perasaan pertama yang gw rasain waktu nyampe disini: dingin banget!

Jaket mana jaket…

Sabana 1 tu daerah terbuka yang isinya cuma rumput. Jadi kalo malem, anginnya kenceng banget. Kita langsung bangun tenda, terus masuk berebutan

Di dalem, kita langsung masak mi. perut2 kosong ini harus segera diisi…

Setelah ngabisin mi & keluar bentar buat kencing (yg dinginnya minta ampun), kita langsung tidur. Safe our energy for tomorrow, bro!





Pepes ikan merbabu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;