Senin, 14 November 2011

Gimana Cara Buat 2 Setting Halaman Dalam Satu File Ms Word?




Hari itu tanggal 10 Oktober. Gw lagi sibuk buat finishing proposal PKM gw. Temen2 gw pada kuliah, jadilah gw yang bertanggungjawab penuh atas tugas yang mulia itu. Waktu di bagian finishing, gw kebingungan buat setting halaman. Soalnya yang diminta, halaman 1 sama 2 dikasih nomor I sama II. Nah, halaman tiga ke bawah harus ngulang dari  nomor 1 dst. Nah lo…. (pak, setau saya sejak lahir, abis 2 ya 3, terus 4. Apa ini page number versi Harvard Style ya???)


Setelah bingung terus pegangan kursi, akhirnya gw nemuin caranya di internet. Dan inilah cara buat 2 jenis page number yang berbeda di satu dokumen MS Word versi gw:
  1. Buka dokumen yang mau kita setting. Ini bagian terpenting hadirin sekalian. Hati-hati dalam membuka file, sering terjadi kasus mahasiswa berusaha mencoba membuka file tugasnya, tapi yang terbuka ternyata malah Football Manager, PES, atau bahkan video2 yang tidak jelas (-___-)"
  2. Setelah bagian krusial tadi selesai, tambahin page number pake’ cara biasa ke dokumen kita. Pilih tipe page number yang mau kita pake’ buat bagian pertama dokumen kita. 
  3. Klik di halaman mana  kita mau mulai buat setting halaman beda (maksudnya buat mindahin kursor kita disana). Misalnya, kalo kita mau halaman 2 beda sama halaman 1, kita pindahin kursor kita ke bagian terakhir halaman 1
  4. Di tab page layout, klik option “Breaks”. Pilih “Page” atau “New Page” (Hasilnya sama, soalnya kita udah mindahin kursor ke bagian terakhir halaman itu)
  5. Kalo udah, klik di bagian footer di halaman 2 kita
  6. Di tab design, cek “Link to Previous”. Karena masih aktif, klik biar non aktif (biar setting halaman 2 gak terhubung sama hal 1)
  7. Balik ke footer halaman 2 kita, hapus nomor halaman yang lama (caranya lumayan rumit, namanya “delete with the hardest way”. Tapi kali ini gw pake’ cara biasa, pake’ delete atau backspace. Soalnya gw gak tau cara rumitnya dan gak yakin ada cara yang namanya “delete with the hardest way” itu).
  8. Nah sekarang liat, nomor halaman 2 ke bawah harusnya udah ilang. Cek halaman 1, masih ada kan?
  9. Sekarang tinggal setting aja halaman 2 ke bawah pake’ tipe page number yang beda (kursor harus ada di halaman 2 ya..)


Sebenernya kita bisa buat lebih dari 2 setting page number. Tinggal kita ulang aja step-stepnya.


OK, silahkan coba di rumah masing2 ya. :D

Di rumah masing2 lo. Soalnya gak enak juga kalo’ nyobanya di rumah sebelah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;